Anak Bawa Tas Terlalu Berat Berisiko Serius Lho Moms! Simak Saran untuk Mengatasinya

  • Share
Anak Bawa Tas Terlalu Berat Berisiko Serius Lho Moms! Simak Saran untuk Mengatasinya

Pekan-pekan ini, rata-rata anak sekolah di Indonesia sudah mulai kembali ke sekolah. Rata-rata juga saat ini mereka telah bersekolah dengan sistem pembelajaran tatap muka lagi.

Itu artinya, anak-anak akan membawa buku pelajarannya ke sekolah. Jika dalam satu hari misalnya ada tiga mata pelajaran berbeda, maka tentu anak akan membawa buku pelajaran yang cukup banyak di dalam tas.

Padahal, seperti yang sudah sering diingatkan, kebiasaan membawa tas terlalu berat dapat memberikan dampak tidak baik bagi anak. Sebagaimana ditulis Generalvekalat.org yang mengutip laman The Cable Lifestyle, berdasarkan rumusan American Academy of Pediatrics (AAP), seharusnya tas yang dibawa anak hanya boleh memiliki muatan 10-20 persen dari berat badannya.

Jaime Quinn, seorang terapis fisik profesional yang juga adalah Direktur Klinis Regional New York, mengatakan bahwa menggunakan tas yang berat dapat menyebabkan rasa tegang yang berlebihan pada leher, punggung, serta bahu.

Apalagi pada anak, di mana ada beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari penggunaan tas yang terlalu berat. Dampak atau risiko tersebut antara lain sebagai berikut:

Sakit Punggung Kronis

Tas yang berat dapat menimbulkan sakit punggung kronis pada anak. Tidak hanya itu, rasa sakit juga kerap kali dirasakan pada leher dan bahu, sehingga membuat anak jadi tidak nyaman. Apalagi jika tali tas terlalu tipis, di mana hal tersebut akan menekan punggung anak.

Hilangnya Sensasi atau Mati Rasa

Tas yang terlalu berat juga dapat membuat sirkulasi darah dan syaraf menjadi terhalang. Hal ini akan membuat anak jadi kehilangan sensasi pada tubuhnya. Tas yang terlalu berat tersebut juga dapat menimbulkan rasa kebas dan kesemutan yang tidak nyaman.

Postur Tubuh yang Buruk

Membawa tas yang terlalu berat juga dapat memengaruhi postur tubuh. Sebabnya, anak yang membawa tas terlalu berat akan membuat mereka cenderung mencondongkan tubuh ke depan. Hal ini pada akhirnya akan membuat postur tubuhnya menjadi bungkuk, apalagi jika terjadi dalam jangka waktu panjang.

Untuk menghindari hal tersebut, peran orang tua sebenarnya sangat penting. Orang tua dapat melakukan berbagai hal untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dari membawa beban yang terlalu berat itu pada anak.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi itu antara lain adalah:

-Pilih tas dengan tali yang lebar untuk anak.
-Usahakan tas memiliki bagian punggung yang empuk sehingga tidak menyakiti anak.
-Beli tas yang memang sudah ringan sehingga tidak menambah berat beban kepada anak.
-Dorong anak untuk menggunakan sabuk pinggang ransel. Hal ini dapat membantu distribusi berat tasnya.
-Beritahu anak untuk segera melepaskan tas tersebut setelah sampai di sekolah.
-Anak bisa juga disarankan menyimpan buku atau barang di sekolah atau loker jika tersedia, agar beban yang dibawa tiap hari tidak terlalu berat.

#Anak #Bawa #Tas #Terlalu #Berat #Berisiko #Serius #Lho #Moms #Simak #Saran #untuk #Mengatasinya

Sumber : mamagini.suara.com

  • Share