7 Manfaat Mematikan Lampu Ketika Tidur

  • Share
7 Manfaat Mematikan Lampu Ketika Tidur

Apakah kalian masih tidur dengan lampu yang hidup dan dalam kondisi terang? Sebaiknya kalian mulai mempertimbangkan untuk tidur dalam kondisi lampu yang telah padam.

Tidur dengan kondisi lampu yang sudah mati ternyata memiliki segudang manfaat yang tidak kalian sadari dan belum kalian ketahui.

Kalian dapat mulai melatih tubuh dan pikiran kalian untuk dapat menikmati tidur dalam kondisi gelap tanpa cahaya agar kalian dapat merasakan manfaatnya.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika kalian mematikan lampu di saat tidur:

1.Menjaga Kualitas Tidur

Manfaat pertama yang dapat kalian rasakan ketika kalian tidur dalam kondisi gelap adalah menjaga kualitas tidur kalian tetap baik.

Tidur dalam kondisi gelap dapat memberikan sinyal pada tubuh kalian untuk beristirahat dengan tenang dan hal tersebut tentunya dapat menjaga kualitas tidur kalian tetap baik.

Tidur dalam kondisi terang dapat menghambat waktu tidur kalian dan membuat kualitas tidur kalian menjadi lebih buruk karena otak kalian merespon lebih lama untuk beristirahat.

2.Menjaga Kesehatan Mata

Selain menjaga kualitas tidur kalian tetap baik, tidur dalam kondisi lampu yang padam juga dapat menjaga kesehatan tubuh kalian lho.

Tidur dalam kondisi terang dapat membuat kulit di area mata kalian lebih mudah pucat dan rawan berkerut.

Lingkaran hitam dan mata merah juga dapat terjadi karena kalian tidur dalam kondisi lampu yang masih menyala.

3.Memperbaiki Siklus Tidur

Manfaat berikutnya yang bisa kalian dapatkan ketika kalian mematikan lampu di saat tidur adalah dapat memperbaiki siklus tidur kalian.

Semakin berkurangnya intensitas cahaya ketika tidur, semakin cepat pula otak kalian untuk rileks dan memberikan sinyal ke tubuh kalian untuk beristirahat.

Semakin cepat tubuh kalian beristirahat, semakin cepat kalian terlelap. Hal tersebut dapat memperbaiki siklus tidur kalian secara efektif.

4.Mengecilkan Perut

Manfaat berikutnya yang dapat kalian rasakan ketika tidur dalam kondisi lampu mati adalah kalian dapat mengecilkan perut secara tidak langsung lho.

Tidur dalam kondisi lampu yang menyala dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kalian dan berisiko meningkarkan berat badan meningkat.

Orang yang tidur dalam kondisi lampu yang mati cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidur dengan kondisi lampu yang masih menyala.

5.Mengurangi Depresi

Merangkum dari studi terbaru National Sleep Foundation, Ohio State University, tidur dalam kondisi ruangan yang terang berisiko mengalami depresi yang lebih tinggi daripada yang tidur dalam kondisi gelap.

Tidur dengan lampu mati dapat mempengaruhi perubahan fisiologis manusia yang menyebabkan depresi. Selain itu, gangguan tidur karena lampu yang menyala juga memiliki pengaruh dalam meningkatkan risiko depresi.

6.Bermanfaat Untuk Kesehatan Reproduksi

Intensitas cahaya yang berlebihan ketika tidur pada malam hari memiliki pengaruh yang buruk dan menganggu siklus kesehatan reproduksi seseorang.

Intensitas cahaya yang tinggi serta siklus tidur yang buruk dapat mengganggu sistem reproduksi secara signifikan pada laki-laki maupun perempuan lho.

Maka dari itu, mulailah untuk mematikan lampu ketika kalian tidur agar sistem reproduksi dan kesuburan kalian tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.

7.Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Menurut jurnal Chronobiology International, tidur dalam kondisi lampu mati dan ruangan gelap dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Hal ini dapat terjadi karena orang yang tidur dalam kondisi lampu menyala cenderung memiliki tekanan darah yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidur dalam kondisi gelap.

#Manfaat #Mematikan #Lampu #Ketika #Tidur

Sumber : mamagini.suara.com

  • Share