7 Fakta Situasi Banjir di Tangerang, Rumah Kak Seto Ikut Terendam Air

  • Share
7 Fakta Situasi Banjir di Tangerang, Rumah Kak Seto Ikut Terendam Air

Generalvekalat.org – Curah hujan yang tinggi mengguyur Kota Tangerang sejak Jumat (15/7/2022) malam hingga memicu banjir hingga Sabtu (16/7/2022) siang ini.

Belasan titik banjir muncul sehingga membuat beberapa rumah warga terendam oleh genangan air. Bahkan, kediaman salah satu toko masyarakat, Seto Mulyadi alias Kak Seto juga turut terdampak oleh amukan banjir yang melanda Tangerang.

Kak Seto beserta warga Tangerang lainnya harus dievakuasi meski banjir perlahan menunjukkan tanda-tanda akan surut.

Lantas bagaimana kabar kak Seto dan warga Tangerang lainnya terkini? Bagaimana respon dan penanganan dari pemerintah setempat?

Baca Juga:
2 Anak dan 3 Cucu Kak Seto Terjebak Banjir di Lantai 2 Rumahnya

Berikut 7 fakta terkait situasi banjir di Tangerang.

1. Muncul 19 titik banjir

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah Tinjau lokasi Banjir [Antara]

Hujan deras yang mengguyur Tangerang memunculkan 19 titik banjir yang tersebar seantero daerah. 

Bahkan dari laporan Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara mengungkap bahwa genangan air kini mencapai ketinggian sekitar rata-rata 30 centimeter meski menunjukan beberapa tanda-tanda awal surut.

Deni juga melaporkan bahwa banjir juga disebabkan oleh adanya luapan air dari Kali Ledug, Sabi dan Kali Angke. Sejumlah pohon besar juga dilaporkan tumbang sehingga menutupi jalan namun sempat ditangani seketika.

Baca Juga:
Banjir Mulai Surut Setelah 7 Jam, Warga Villa Pamulang Berjibaku Bersihkan Lumpur

2. Tanggul jebol, PUPR setempat pasang kisdam

Sebuah tanggul di perumahan Pinang Griya Permai jebol sepanjang 30 meter jebol sebagai buntut dari banjir yang kini menerjang Tangerang.

Kini, pemkot bersama PUPR setempat memasang kisdam atau struktur bangunan air untuk menahan aliran sungai. 

“Sudah kami antisipasi dengan memasang kisdam sebagai penanganan awal agar air tak meluap ke perumahan,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Sabtu (16/7/2022).

3. Wali kota turun tangan pantau lokasi

Tak hanya pemasangan kisdam, wali kota Tangerang juga ikut turun tangan pantau lokasi. Arief R Wismansyah selaku wali kota telah menyusuri titik banjir yang berlokasi di Pinang Griya guna mengawasi jalannya evakuasi.

4. Kolaborasi Basarnas-BPBD fokus evakuasi 

Evakuasi dikoordinir oleh pihak BPBD dan Basarnas. Seluruh warga juga kini diimbau untuk segera mengevakuasi diri jika rumahnya terendam banjir.

Pihak pemkot juga menyediakan layanan darurat dengan nomor 112 bagi masyarakat Tangerang.

“Untuk kondisi darurat harap segera hubungi 112,” lanjut Arief.

5. Warga dapat bantuan makanan dan dapur umum

Wali kota bersama pegawai di kelurahan dan kecamatan setempat dan dinas sosial membagikan bantuan darurat berupa makanan cepat saji bagi para warga terdampak.

Tak hanya itu, pemerintah setempat juga mendirikan dapur umum yang dibantu oleh warga sekitar dalam pembagian makanan dan kegiatan memasak.

“Kita sudah buatkan dapur umum untuk distribusi makanan kepada warga terdampak banjir,” kata Arief usai memantau titik banjir di Pinang Griya.

6. Rumah Kak Seto turut diterjang banjir

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, kediaman tokoh aktivis perlindungan anak Seto Mulyadi alias Kak Seto yang berlokasi di Komplek Cirendeu Permai RT 1 RW 12, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan ikut terendam banjir.

Rumah kak Seto telah digenangi oleh air sejak subuh, Sabtu (16/7/2022) dan berangsur-angsur meningkat ketinggiannya. Sontak, kak Seto menghubungi petugas sembari meminta staf pribadinya untuk mengamankan dokumen-dokumen penting.

“Dari jam 5 pagi sudah naik tapi masih di bawah lutut. Makin naik makin naik, akhirnya menghubungi petugas,”  kata Kak Seto, saat dihubungi Sabtu (16/7/2022)

7. Kak Seto dievakuasi naik perahu karet

Kak Seto juga dievakuasi layaknya warga Tangerang lainnya yang rumahnya terendam banjir.

Ia harus dievakuasi menggunakan perahu karet oleh pihak BPBD menuju bandara.

“Pas kita mau berangkat ke airport, berangkat tadi naik perahu. Saat berangkat sepaha, kita bawa koper ada bantuan dari petugas Tangsel,” ujar Seto.

Kontributor : Armand Ilham



#Fakta #Situasi #Banjir #Tangerang #Rumah #Kak #Seto #Ikut #Terendam #Air

Sumber : www.suara.com

  • Share