Tubuh Panas Usai Makan Daging Kambing Bukan Berarti Tensi dan Kolesterol Naik, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

  • Share
Tubuh Panas Usai Makan Daging Kambing Bukan Berarti Tensi dan Kolesterol Naik, Ini yang Sebenarnya Terjadi!

Generalvekalat.org – Pasca perayaan Idul Adha, umat Muslim kebanyakan akan menyajikan hidangan daging kambing dari hasil kurban. Walaupun terkenal lezat, tetapi olahan daging kambing juga kerap dihindari oleh banyak orang terutama yang mengidap hipertensi atau darah tinggi juga kolesterol.

Daging kambing punya reputasi buruk sebagai sumber lemak dan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Banyak orang juga berpikiran bahwa daging tersebut bisa memicu tekanan darah jadi naik.

Padahal dampak konsumsi daging kambing terhadap naiknya tekanan darah dan kolesterol tidak pernah terbukti secara ilmiah. Bahkan daging kambing termasuk yang dianggap paling sehat di antara daging merah lainnya.

Data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat disebutkan bahwa 100 gram daging kambing mengandung kalori paling sedikit dibandingkan daging ayam, sapi, babi, dan domba.

Baca Juga:
Alami Rasa Sakit pada Kaki saat Berjalan? Awas Tanda Kolesterol Tinggi!

Ilustrasi sate kambing – (Pixabay/saesherra)

Kandungan lemak dan kolesterol pada daging kambing juga paling rendah, tetapi kandungan protein setara dengan daging merah lain. Kandungan lemak jenuhnya juga lebih rendah dari ayam.

Dikutip dari situs eenterian Kesehatan RI, daging kambing bukan pemicu hipertensi. Hal itu dibuktikan dari laporan ilmiah Sunagawa dkk. pada tahun 2014 yang diterbitkan di Asian-Australasian Journal of Animal Sciences.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan memberi makan mencit berusia 15 minggu dengan pakan yang mengandung 20 persen daging kambing dan 0,3 persen garam, kemudian mengukur tekanan darahnya secara rutin.

Selama masa eksperimen 14 minggu, tensi darah kelompok mencit yang diberi makan daging kambing hampir sama dengan kelompok kontrol, yang diberi pakan dengan kandungan 20 persen daging ayam dan 0,3 persen garam.

Menurut dokter spesialis gizi Samuel Oetoro, rumor makan daging kambing bisa memicu hipertensi bermula dari sensasi hangat yang dirasakan setelah memakan hidangan tersebut.

Baca Juga:
Tips Dokter Gizi: Cara Santap Sop Kambing Tanpa Takut Tekanan Darah Tinggi

“Sehingga timbul rumor, hangat itu dipikir tensinya naik, gairahnya meningkat, sebenarnya enggak,” kata dokter Samuel.



#Tubuh #Panas #Usai #Makan #Daging #Kambing #Bukan #Berarti #Tensi #dan #Kolesterol #Naik #Ini #yang #Sebenarnya #Terjadi

Sumber : www.suara.com

  • Share