Bolehkah Makan Sebelum Salat Idul Adha? Ini Penjelasannya

  • Share
Bolehkah Makan Sebelum Salat Idul Adha? Ini Penjelasannya

Generalvekalat.org – Idul Adha merupakan hari raya umat muslim yang identik dengan penyembelihan hewan kurban. Sebelum melaksanakan penyembelihan, umat Islam akan melaksanakan Salat Idul Adha terlebih dahulu. Karena dilakukan di pagi hari, kemudian muncul pertanyaan bolehkah makan dan minum sebelum salat Idul Adha? 

Pertanyaan ini seakan masih relevan karena ada berbagai anjuran sebelum Hari Raya Idul Fitri dan sebelum salat. Oleh karena itu, berikut ini penjelasan terkait aturan makan dan minum sebelum Idul Adha.

Berdasarkan Hadist Riwayat Ahmad oleh Syaikh Syu’aib, umat Islam diperbolehkan makan terlebih dahulu pada seelum shalat idul Fitri, tetapi saat salat Idul Adha, beliau hanya makan setelah salat.

Berikut terjemahan hadisnya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat salat ‘ied pada hari Idul Fitri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari salat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.”

Baca Juga:
Kemenag Sarankan Sembelih Hewan Kurban di Rumah Potong Hewan Saat Idul Adha

Namun ada pendapat lain dari Hadist Riwayat Al Mughni. Ada anjuran tidak makan sebelum salat Idul Adha, tetapi jika ia tidak berqurban maka tidak masalah jika makan terlebih dahulu.

Berikut terjemahan hadisnya: “Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali dan memakan hasil sembelihan kurban. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan qurbannya. Jika seseorang tidak memiliki qurban (tidak berqurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum salat ‘ied.”

Berdasarkan pernyatan dari Guru Besar Bidang Ilmu Sejarah Peradaban Islam UIN Raden Mas Said Surakarta, Syamsul Bakri mengatakan bahwa umat muslim dianjurkan untuk tidak makan dan minum sebelum salat Idul Adha.

Namun ini hanya sunah, bukan larangan. “Tidak boleh (untuk makan dan minum sebelum salat Idul Adha), tetapi larangannya larangan lunak, jadi tidak haram,” ujar Syamsul

Demikian penjelasan terkait bolehkah makan dan minum sebelum shalat Idul Adha. Berdasarkan penjelasan di atas, sebenarnya makan dan minum sebelum salat Idul Adha tidak dilarang. Namun lebih baiknya sesudah salat. Makan dan minum dianjurkan dilaksanakan setelah salat Idul Adha. 

Baca Juga:
Masjid Agung Jami Kota Malang Gelar Shalat Idul Adha Minggu 10 Juli 2022, Minta Gereja Immanuel Tunda Kebaktian

Kontributor : Annisa Fianni Sisma



#Bolehkah #Makan #Sebelum #Salat #Idul #Adha #Ini #Penjelasannya

Sumber : www.suara.com

  • Share