3 Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak yang Bikin Nyut-nyutan

  • Share
3 Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak yang Bikin Nyut-nyutan

Generalvekalat.org – Meski  umum terjadi, namun masalah gusi bengkak bisa menganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Bukan hanya sakit, gusi bengkak juga bisa membuat pengidapnya kerepotan saat makan dan bicara.

Dikutip dari Hello Sehat, gusi bengkak kemungkinan besar terjadi diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada jaringan gusi. Infeksi itu bisa berawal dari luka karena menyikat gigi terlalu keras hingga penyakit gigi dan mulut tertentu, seperti periodontitis.

Lantas, apa obat alami meredakan nyeri akibat gusi bengkak? Dikutip dari laman yang sama, berikut rangkumannya!

1. Kumur Air Garam

Baca Juga:
13 Penyebab Payudara Nyeri, Tak Cuma karena Menstruasi

Ilustrasi air garam. (Shutterstock)

Kumur air garam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi berkat sifat menyerap air pada garam yang efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Cukup melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur air garam secara merata di segala penjuru mulut selama beberapa detik, dan buang airnya.

Rutin berkumur dengan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai bengkak pada gusi mereda.

2. Es Batu

Ilustrasi Makan Es Batu (Freepik.com)
Ilustrasi Es Batu (Freepik.com)

Obat untuk meredakan nyeri gusi bengkak alami yang mudah, cepat, serta manjur lainnya adalah kompres dingin. Dingin membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa untuk sementara meredakan sakit.

Selain itu, suhu dingin merangsang pembuluh darah di wajah menyempit sehingga memperlambat aliran darah yang menuju gusi bermasalah. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri pada gusi.

Tempel bungkusan es batu dalam lap bersih di bagian pipi yang terasa sakit. Ulangi kompres beberapa kali sehari sampai sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut.

3. Kunyit

Baca Juga:
4 Manfaat Adas untuk Kesehatan, Salah Satunya Meringankan Nyeri Haid

ilustrasi kunyit (Pexels.com/Karl Solano)
ilustrasi kunyit (Pexels.com/Karl Solano)

Senyawa curcumin dalam kunyit berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangannya.

Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko gingivitis (radang gusi).

Untuk mendapatkan semua manfaat ini, parut setengah ruas kunyit kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata sampai membentuk krim kental. Gunakan sebagai pengganti pasta gigi setiap kali ingin menggosok gigi.

Cara lainnya bisa dengan membubuhkan pasta kunyit pada kain kasa lalu digulung. Tempelkan kompres kunyit ini langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit.

Bila berbagai obat alami di atas tidak juga meredakan gusi bengkak, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi.



#Cara #Alami #Mengatasi #Gusi #Bengkak #yang #Bikin #Nyutnyutan

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *