Diciptakan oleh Musisi Hingga Sampai di Telinga Pendengar

  • Share
Diciptakan oleh Musisi Hingga Sampai di Telinga Pendengar

Generalvekalat.org – Perjalanan sebuah lagu dimulai dari tangan musisi yang menciptakannya, hingga akhirnya dapat didengar di berbagai kanal musik, mulai dari platform streaming musik digital, broadcast, dan media sosial.

Namun, di tengah proses tersebut, juga ada audiens atau pendengar yang seleranya perlu dipertimbangkan, serta record label atau manajemen artis yang harus mampu menyesuaikan dan menangkap selera pasar agar lagu tersebut berhasil.

Bagi seorang musisi, bakat saja tak cukup untuk membuat karya mereka dikenal dan diapresiasi oleh pendengar musik. Musisi juga harus mampu memahami selera pendengarnya.

Penulis dan pelantun lagu ‘You Let Her Go Again’, Faiz Novascotia Saripudin, menceritakan bahwa, “Tidak ada aturan dalam berkreasi di musik. Membuat lagu bisa dari liriknya dulu atau musiknya, itu terserah kalian. Kalau gue biasanya barengan, cuma dapat inspirasinya yang lama, dan biasanya datang dari pengalaman atau perasaan pribadi. Yang penting dalam membuat lagu adalah you like what you make and have fun doing it.”

Faiz, dalam sesi Resso Coaching Clinic yang diselenggarakan secara virtual, mengatakan bahwa sebagai musisi yang berkolaborasi dengan label, harus sama-sama terbuka atas masukan yang diberikan, harus bisa saling berkompromi dan berkomunikasi dengan baik.

Dari input yang diberikan oleh pihak label, bisa jadi lagu awal yang diciptakan akan berbeda dengan versi akhir yang dipasarkan. Tentunya, hal ini karena record label memiliki pandangan yang berbeda dalam menilai sebuah karya lagu.

Menurut Mahavira Wisnu Wardhana – biasa dipanggil Inu – yang mewakili Wonderland Records, dan memiliki pengalaman mengkurasi musik dan musisi, diperlukan intuisi yang kuat dalam menilai sebuah lagu.

“Antara lagu dan penyanyi yang cocok untuk membawakannya harus setara dan saling menunjang, tidak ada yang overshadow. Singer-songwriter biasanya memiliki keuntungan karena dapat menampilkan musik yang sesuai dengan karakter mereka sendiri,” jelas Inu, mengutip siaran tertulis.

Namun, saat mereka masuk dalam label, musisi diharapkan bisa fokus dalam membuat musik dan memberikan kepercayaan bagi label untuk mengurus semua hal terkait bisnis, mendeliver lagu untuk market yang lebih besar.

Dalam proses bergulirnya lagu masuk ke ranah pendengar, Matthew Tanaya, Artist Promotion Lead Resso Indonesia mengungkapkan bahwa experience pendengar menjadi fokus platform streaming musik seperti Resso.



#Diciptakan #oleh #Musisi #Hingga #Sampai #Telinga #Pendengar

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.