Kementerian ESDM Sebut Diversifikasi Energi Demi Kurangi Impor LPG

  • Share
Kementerian ESDM Sebut Diversifikasi Energi Demi Kurangi Impor LPG

Generalvekalat.org – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan diversifikasi energi. Langkah tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mengurangi impor Liquified Petroleum Gas (LPG).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan, perlu dilakukan koordinasi untuk menetapkan energi pengganti LPG di setiap wilayah, sehingga program untuk mengurangi impor LPG berjalan dengan baik.

“Jangan sampai bertumpuk-tumpuk, jadi yang diganti oleh listrik jangan diganti juga oleh gas bumi,” ujarnya di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Menurut Tutuka, pengurangan impor LPG bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti wilayah yang memiliki sumber gas atau dekat dengan sumber gas bisa mengganti LPG dengan gas bumi sebagai energi.

Baca Juga:
Janji BBM dan LPG Subsidi Tidak Akan Langka, DPR Ungkap Alasannya

Sedangkan, untuk wilayah yang tidak terdapat sumber gas bisa dengan menggunakan kompor listrik.

“Kan ada sumber gas, ya kita pakai gas. Kalau nggak ada sumber gas di kota-kota yang tidak ada sumber gas, ya kita pakai listrik,” katanya.

Masih menurutnya, gas bumi merupakan energi yang bisa digunakan untuk apa saja dan harganya pun lebih murah, dengan dimanfaatkanya sumber gas yang ada didalam negeri maka akan memperkuat kemandirian energi.

“Dari banyaknya pemakaian gas itu lebih murah untuk mengahsilkan sesuatu, produktifitasnya naik, efisiensi naik, akan nambah. kalau kita pakai gas dan gambaran potensi yang banyak, estimasi kita 30 tahun masih bisa,” katanya.

Baca Juga:
Pemerintah Tambah Subsidi BBM dan LPG, Pertamina Siap Jaga Pasokan Energi



#Kementerian #ESDM #Sebut #Diversifikasi #Energi #Demi #Kurangi #Impor #LPG

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.