Ilmu Pengetahuan Saja Tak Cukup, Ini 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Era Digital

  • Share
Ilmu Pengetahuan Saja Tak Cukup, Ini 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Era Digital

Generalvekalat.org – Memiliki pendidikan tinggi di era digital saat ini, tidaklah berarti tanpa diimbangi pengetahuan dan kemampuan lainnya. Saat ini, seseorang dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan untuk bisa melakukan berbagai hal. Dan salah satu yang cukup penting adalah soft skill.

Soft skill tidak diajarkan secara khusus baik di sekolah maupun perkuliahan. Namun, kemampuan yang satu ini biasanya terbentuk dari pengalaman.

Soft skill sendiri juga terdiri dari berbagai macam, mulai dari kemampuan berbicara di publik, adaptasi, kreativitas, persuasi, dan lain-lain. Beberapa hal tersebut, sangat dibutuhkaan oleh dunia kerja.

Melansir laman RMIT Online, berikut beberapa soft skill yang dibutuhkan di era digital.

Baca Juga:
Wow! Tidak Melulu Soal Belajar, Orang Tua Milenial Prioritaskan “Soft Skill” untuk Pendidikan Anak

1. Kreativitas
Kreativitas menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan di era digital. Sebuah survei terhadap 50.000 pencari kerja mengungkapkan, keterampilan profesional, kreativitas berada di urutan teratas. Hal ini karena biasanya berbagai perusahaan menginginkan suatu hal yang baru. Oleh karena itu, mereka membutuhkan seseorang yang kreatif.

2. Persuasi
Persuasi pada dasarnya yaitu kemampuan untuk membujuk atau memengaruhi orang lain. Persuasi ini biasanya selalu diikut kemampuan berpikir logis, berargumen, public speaking, serta kontrol emosi yang baik.

Kemampuan persuasi ini juga sangat berguna untuk perusahaan bisnis, terutama untuk bisnis. Hal ini juga berpengaruh terhadap perubahan internal, serta bagaiman mengomunikasikan bisnis tersebut lebih luas.

3. Kecerdasan emosional
Seorang penulis, Daniel Goleman berusaha mempelajari efek soft skill pada pertengahan tahun 90-an. Berdasarkan penelitiannya tersebut, ditemukan IQ dan keterampilan teknis, serta kecerdasan emosional dapat menjadi penentu 90 persen kesuksesan pada karier seseorang.

Dalam survei lainnya terhadap 500 eksekutif senior, kecerdasan emosional menjadi prediktor kesuksesan orang tersebut dibandingan dengan pengalaman yang dimiliknya.

Baca Juga:
4 Pekerjaaan dan Soft Skill yang Paling Diminati di Tahun 2022, Fresh Graduate Wajib Tahu!

4. Kemampuan Kolaborasi
Kolaborasi di era digital menjadi hal yang sangat diperlukan. Hal ini karena bekerja dalam tim lebih menguntungan dan efisien. Kemampuan kolaborasi ini juga menuntut seseorang untuk dapat bekerja sama dan saling mengerti satu sama lain. Jika kolaborasi berjalan lancar, hal tersebut akan memberikan manfaat besar bagi perusahaan.

5. Kemampuan beradaptasi
Salah satu soft skill penting di era digital saat ini yaitu kemampuan beradaptasi. Bagaimanapun, dalam dunia kerja kemampuan beradaptasi menjadi hal penting. Hal ini karena pengetahuan yang tinggi tidak berarti jika ia kurang bisa beradaptasi.

Hal ini juga sangat penting untuk seseorang yang baru lulus. Kemampuan beradaptasi sangat diperlukan. Selain itu, kemampuan adaptasi ini juga menjadi penilaian komitmen dari orang tersebut.

Tidak hanya pada lingkungan, kemampuan adaptasi ini juga dituntut terhadap berbagai perubahan yang mungkin akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, kemampuan yang satu ini dinilai cukup penting.



#Ilmu #Pengetahuan #Saja #Tak #Cukup #Ini #Soft #Skill #yang #Dibutuhkan #Era #Digital

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *