Klaim Sudah Tinjau Proyek IKN di Titik Nol, Menko Airlangga: Semoga Terbangun Sesuai Rencana

  • Share
Klaim Sudah Tinjau Proyek IKN di Titik Nol, Menko Airlangga: Semoga Terbangun Sesuai Rencana

Generalvekalat.org – Pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN_ guna memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Kalimantan Timur.  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku telah meninjau langsung perkembangan proyek IKN di Titik Nol, Sabtu kemarin. 

“Saya berada di Titik Nol, Ibu Kota Nusantara. Harapannya semoga segera terbangun sesuai rencana,” kata Menko Airlangga dalam keterangan persnya, Minggu (19/6/2022).

Pada kesempatan itu, Menko Airlangga diberikan penjelasan mengenai denah dan pentahapan pembangunan Ibu Kota Nusantara, serta meninjau pilar Titik Nol pembangunan Ibu Kota Nusantara dan melakukan penanaman pohon.

Penetapan Ibu Kota Nusantara sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan memiliki visi untuk mewujudkan “Kota Dunia untuk Semua”, sebuah kota ideal yang dapat menjadi role model bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia.

Baca Juga:
Sederet Ketua Umum Parpol Jejali Kabinet Jokowi, Rangkap Jabatan Jadi Sorotan

Visi tersebut bertujuan menjadikan Ibu Kota Nusantara sebagai simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, dan penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

Ibu Kota Nusantara yang memiliki wilayah daratan seluas kurang lebih 256.142 hektare dan wilayah perairan laut seluas kurang lebih 68.189 hektare, berfungsi sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan pemerintahan pusat, serta tempat kedudukan perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi/lembaga internasional.

Pemindahan Ibu Kota Nusantara ke Kalimantan dan menjadikannya sebagai Economic Super Hub merupakan salah satu strategi untuk menggeser porsi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan dari barat menjadi lebih ke timur, melalui pengembangan enam klaster ekonomi dan dua klaster pendukung.

Enam klaster ekonomi tersebut meliputi industri teknologi bersih, farmasi terintegrasi, industri pertanian berkelanjutan, ekowisata, bahan kimia dan produk kimia, serta energi rendah karbon. Sedangkan dua klaster pendukung dimaksud terdiri dari pendidikan abad 21 serta smart city dan pusat industri 4.0.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara secara berkelanjutan dilakukan melalui pemberdayaan ekonomi dan sosial, yang diwujudkan melalui penyediaan infrastruktur dan pengadaan barang atau jasa di IKN dengan memprioritaskan produk dalam negeri dan UMKM.

Baca Juga:
Menko Airlangga Klaim Program Kartu Prakerja Banyak Diacungi Jempol Negara Lain

Menko Airlangga menegaskan pemindahan Ibu Kota diharapkan mampu mendorong percepatan pengurangan kesenjangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah.



#Klaim #Sudah #Tinjau #Proyek #IKN #Titik #Nol #Menko #Airlangga #Semoga #Terbangun #Sesuai #Rencana

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *