Ini Bacaan Doa Qunut Subuh Latin Beserta Artinya, Yuk Simak!

  • Share
Doa untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT, Baca Saat Sedang Berusaha Memperbaiki Diri!

Generalvekalat.org – Sesuai waktunya, doa qunut subuh dibaca ketika salat subuh dan memasuki rakaat kedua. Merangkum dari NU Online, berikut bacaan doa qunut subuh latin, lengkap beserta arti dan tata caranya. 

Masih dari sumber yang sama, beberapa ulama memiliki beberapa sudut pandang berbeda tentang doa qunut saat salat subuh. Seperti apa bacaan doa qunut subuh latin yang benar?

Mazhab Syafi’i dan Maliki berpandangan membaca doa qunut subuh adalah hal yang dianjurkan, berdasarkan hadis riwayat Anas bin Malik berikut:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia”. (HR. Ahmad).

Baca Juga:
Bacaan Latin Doa Qunut dan Artinya, Bacalah saat Sholat Subuh

Sedangkan mazhab Hanbali dan Hanafi berpandangan membaca doa qunut bukan hal yang dianjurkan saat sholat subuh. Hal ini dikemukakan berdasarkan pedoman dua hadis berikut ini:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut ketika salat fajar (salat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum”. (HR Muslim).

“Rasulullah melakukan qunut selama sebulan, mendoakan jelek kepada satu kelompok (salah satu kabilah dari Bani Sulaim) kemudian beliau tidak melakukan qunut lagi”. (HR. Bukhari Muslim).

Tata Cara Doa Qunut Subuh

Tata cara doa qunut subuh adalah doanya dibaca ketika salat setelah rukuk, sebelum sujud pertama ketika posisi masih berdiri dan setelah membaca i’tidal.

Baca Juga:
Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri Latin dan Artinya

Ketika melakukan salat subuh berjamaah, imam disarankan membaca dan melafalkan doa qunut subuh secara lantang yang diikuti dengan kata ‘aamiin’ oleh makmum.



#Ini #Bacaan #Doa #Qunut #Subuh #Latin #Beserta #Artinya #Yuk #Simak

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.