Beda Pertamax dengan Pertamax Turbo, Jangan Sampai Salah!

  • Share
Beda Pertamax dengan Pertamax Turbo, Jangan Sampai Salah!

Generalvekalat.org – Video pria ngamuk-ngamuk ke petugas SPBU di Bintaro, pada Jumat (17/6/2022) menjadi viral kekinian. Adapun dugaan awal pria tersebut naik pitam dipicu lantaran mengira petugas SPBU tersebut salah mengisikan BBM Pertamax ke Pertamax Turbo.

Kini, video klarifikasi pria yang mengamuk tersebut dirilis dan membeberkan fakta sesungguhnya dalam kejadian yang digambarkan dalam video viral tersebut.

Selamat siang netizen semua, untuk menjawab dan mengklarifikasi dari permasalahan yang ada, yang mengatakan bahwa di SPBU Sektor 9 terjadi salah isi Pertamax ke Pertamax Turbo ataupun ada ya permintaan dari saya untuk melakukan perbaikan mesin, di sini saya ada pak Hari, pak Yanto maupun pak Asep, bahwa semua statement itu semua salah,” ujar pria yang ada di video tersebut membenarkan.

Adapun pria tersebut menegaskan bahwa insiden yang digambarkan dalam video tersebut berawal dari adu argumen mengenai jenis BBM yang diisi ke mobil miliknya oleh petugas SPBU.

Baca Juga:
Gunakan Handphone di SPBU Ternyata Sudah Tidak Dilarang Lagi, Ini Dia Syarat dan Ketentuannya

Yang benar adalah adu argumen untuk membuktikan ini Pertamax atau Pertamax Turbo. Sudah diselesaikan dan sudah terbukti isinya adalah Pertamax yang sesuai dengan permintaan dari saya, tidak ada kontak fisik,” terang pria itu.

Lantas apa beda Pertamax dengan Pertamax Turbo? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Pertamax biasa dengan Pertamax Turbo

1. Perbedaan angka RON

Pertamax biasa memiliki angka oktan (RON) 92, sedangkan pada Pertamax Turbo adalah 98. Meski hanya selisih 6 angka, perbedaan tersebut sangat signifikan.

Baca Juga:
5 Fakta Viral Perkelahian Pelanggan dan Petugas SPBU: Awalnya Diduga Salah Isi BBM

Semakin tinggi RON yang dimiliki oleh sebuah jenis BBM, maka akan semakin tinggi efisiensi pembakaran dalam yang dihasilkan.

2. Kendaraan yang cocok untuk masing-masing jenis BBM berbeda

Adapun perbedaan pembakaran dalam yang terjadi juga akan mempengaruhi jenis mesin kendaraan bermotor yang cocok untuk tiap jenis BBM.

Lantaran BBM Pertamax biasa lebih rendah angka oktan yang dimiliki, maka lebih direkomendasikan untuk kendaraan dengan mesin yang lebih ringan yakni memiliki rasio kompresi 10:1 hingga 11:1.

Untuk Pertamax Turbo, maka direkomendasikan ke kendaraan bermotor yang lebih heavy-duty atau dengan daya yang lebih kuat, yakni dengan rasio kompresi lebih dari 12:1.

3. Fitur yang dimiliki masing-masing jenis BBM berbeda

Perbedaan lainnya yang kentara yakni adanya fitur Pertamina Technology untuk jenis Pertamax. Teknologi tersebut membuat kendaraan awet dan terhindar dari karat berkat kemampuan untuk membersihkan mesin dari endapan.

Teknologi yang sama juga dapat ditemukan di Pertamax Turbo, namun ada tambahan fitur Ignition Boost Formula. Fitur tersebut memberikan tambahan akselerasi atau percepatan kendaraan, jika dipakaikan ke jenis kendaraan yang sesuai.

4. Warna BBM

Perbedaan juga terlihat dalam warna masing-masing jenis BBM. Pertamax biasa memiliki warna biru, sedangkan Pertamax Turbo memiliki warna merah. Tambahan perwarna tersebut diberikan sebagai pembeda agar konsumen tidak tertukar saat membeli.

Itulah perbedaan BBM jenis Pertamax biasa dengan Pertamax Turbo yang menjadi pemicu pria di Bintaro naik pitam dan mengamuk ke petugas SPBU.

Kontributor : Armand Ilham



#Beda #Pertamax #dengan #Pertamax #Turbo #Jangan #Sampai #Salah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.