Cacar Monyet Bukan Penyakit yang Menular Melalui Udara

  • Share
Infeksi Cacar Monyet Langka Terdeteksi

Generalvekalat.org – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menjelaskan bahwa risiko penularan cacar monyet melalui udara sangat rendah. Penyakit ini lebih mudah menular dari kontak langsung.

CDC mengatakan virus monkeypox tidak seperti Covid-19 atau campak yang dapat berlama-lama di udara.

“(Virus cacar monyet) tidak menular selama periode singkat dalam satu lingkungan udara yang sama,” kata CDC, dilansir WebMD.

Namun, cacar monyet dapat menyebar melalui air liur atau sekresi pernapasan selama kontak tatap muka. Meski penelitian menunjukkan hal itu jarang terjadi.

Baca Juga:
Dokter Ungkap Gejala Khas Cacar Monyet, Muncul Lesi di Telapak Kaki dan Telapak Tangan

“Ada perbedaan penting antara penularan melalui udara dan melalui sekresi pernapasan,” sambung CDC.

Ilustrasi Cacar – Sudah Masuk Singapura, Waspadai Penyebaran Cacar Monyet di Indonesia (Pexels)

Penularan melalui udara terjadi ketika partikel virus kecil tersuspensi di udara dan dapat melayang untuk jangka waktu tertentu.

Partikel tersebut dapat menyebar melalui aliran udara, atau terkadang dapat menginfeksi orang yang memasuki ruangan setelah orang yang terinfeksi pergi.

“Penularan virus monkeypox jarak jauh, misalnya melalui udara, belum dilaporkan,” lanjut CDC.

Meski begitu, orang yang menderita cacar monyet disarankan untuk terus memakai masker ketika berinteraksi dengan orang lain, di mana pun tempatnya.

Baca Juga:
Cacar Monyet Menular Lewat Udara, Wajib Pakai Masker Lagi?

Petugas kesehatan dan orang-orang yang mungkin memiliki kontak dekat dengan penderita cacar monyet juga disarankan untuk memakai masker.

Pernyataan ini disampaikan setelah adanya kesalahpahaman dalam peringatan CDC pekan lalu, ketika badan ini menyarankan masyarakat untuk meningkatkan tindakan pencegahan.

Tindakan pencegahan yang dimaksud termasuk mencuci tangan secara teratur dan mengenakan masker untuk menghindari penularan cacar monyet.



#Cacar #Monyet #Bukan #Penyakit #yang #Menular #Melalui #Udara

Sumber : www.suara.com

  • Share