Generalvekalat.org

Sederet Syarat Wajib Haji yang Harus Dipahami

Sederet Syarat Wajib Haji yang Harus Dipahami

Generalvekalat.org – Meskipun termasuk dalam rukun islam, namun tidak semua orang diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji. Lalu apa saja syarat wajib haji itu?

Jika seseorang tersebut tidak memenuhi syarat dan rukun haji, maka ibadah haji yang dilakukan tidak sah. Artikel kali ini akan membahas tentang apa saja syarat wajib haji dan keutamaan melakukannya.

Orang yang diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji adalah mereka yang mampu secara materi dan juga secara fisik. Dalam menunaikan ibadah haji tentunya seseorang harus paham akan syarat, rukun dan tata caranya.

Syarat Wajib Haji

Baca Juga:
Beda Waktu di Indonesia dengan Makkah, Penting Untuk Dicatat Jemaah Haji

Syarat wajib haji adalah syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk menunaikan ibadah haji. Jika orang tersebut tidak memenuhi syarat haji, maka ia tidak diwajibkan untuk melakukan ibadah haji. Berikut ini adalah syarat-syarat haji:

  • Beragama Islam
  • Berakal sehat
  • Sehat secara jasmani dan rohani. (Sehat dan kuat untuk menjalankan ibadah haji, memahami ritual haji dan kesiapan mental karena ibadah haji merupakan ibadah yang dilakukan selama berhari-hari). 
  • Sudah baligh, mencapai usia dewasa
  • Merdeka, bukan seorang budak
  • Mampu, baik secara fisik, mental maupun materi.

Melaksanakan ibadah haji akan membutuhkan biaya perjalanan yang tidak murah. Jika seseorang harus menjual satu-satunya sumber kehidupan yang dimiliki, maka hal tersebut tidak dibolehkan karena akan mendatangkan banyak mudharat bagi seseorang tersebut dan keluarganya.

Selain itu, orang yang ingin melaksanakan ibadah haji juga harus menyiapkan biaya hidup untuk keluarga yang ditinggalkan di rumah.

Keutamaan Ibadah Haji

Ibadah haji menjadi salah satu ibadah yang mulia. Haji adalah rukun islam yang ke lima dan wajib ditunaikan bagi orang yang mampu dan telah memenuhi syarat wajib haji. Keutamaan haji disebutkan di dalam Al-Quran dan sunnah Nabi SAW. Berikut ini adalah keutamaan dari haji:

Baca Juga:
Perbedaan Haji dan Umroh: Mulai dari Rukun, Hukum hingga Waktu Pelaksanaan

  • Haji adalah salah satu amalan yang afdol. 
  • Bagi siapa yang melaksanakan ibadah haji, maka akan dibalas dengan surga. 
  • Haji termasuk jihad di jalan Allah SWT. 
  • Selain mendapatkan jaminan surga, haji juga bisa menghapuskan dosa-dosa bagi hamba yang menjalankannya.
  • Haji bisa menghilangkan kefakiran di dalam diri. 

Demikian ulasan tentang syarat wajib haji dan keutamaan melaksanakan ibadah haji yang perlu dipahami. Semoga tahun ini ibadah haji 2022 diberi kelancaran dalam segala halnya.



#Sederet #Syarat #Wajib #Haji #yang #Harus #Dipahami

Sumber : www.suara.com

Exit mobile version