Kasus di Portugal Melonjak karena Subvarian Omicron

  • Share
Bohong Soal Status COVID-19, Seorang Guru di China Masuk Penjara

Generalvekalat.org – Update Covid-19 global hari ini, Jumat (3/6/2022), menunjukkan Portugal yang sedang alami lonjakan kasus karena subvarian Omicron, di saat negara lain sudah melonggarkan berbagai protokol kesehatan.

Data Worldometers juga menunjukan infeksi baru di dunia masih bertambah 535 ribu kasus baru sehari, serta angka kematian bertambah 1.333 orang. Kini total yang sudah terinfeksi 533 juta orang dan 6,3 juta di antaranya meninggal dunia.

Adapun jumlah orang yang bisa menularkan virus atau kasus aktif tercatat masih ada 22,8 juta orang.

Mengutip Channel News Asia, kini Portugal menempati urutan kedua infeksi harian tertinggi di dunia. Selama 7 hari terakhir tercatat kasus baru mencapai 2.447 per harinya.

Baca Juga:
Update COVID-19 Jakarta 1 Juni: Positif 164, Sembuh 79, Meninggal 0

Negara tetangganya, Spanyol, hanya mencatatkan 449 kasus dan Inggris mencatat 70 kasus per hari.

Meski begitu, saat ini Spanyol memiliki tingkat kematian tertinggi kelima dunia akibat Covid-19, dengan jumlah rawat inap yang meningkat. Namun peningkatan ini masih lebih rendah dibanding puncak kasus sebelumnya.

Beruntung, lebih dari 90 persen penduduk Portugal sudah divaksinasi Covid-19 lengkap.

Pejabat Lembaga Kesehatan Masyarakat, Ricardo Jorge mengatakan pad Selasa, 31 Mei 2022, subvarian Omicron BA.5 mendominasi infeksi baru Covid-19. Ditambah subvarian BA.4 Omicron juga sudah terdeteksi di Portugal.

“Portugal kemungkinan adalah negara Eropa dengan prevalensi tertinggi sub-garis keturunan ini dan ini menjelaskan sebagian alasan adanya peningkatan kasus yang tinggi,” ujar Menteri Kesehatan Portugal, Marta Temido.

Baca Juga:
Update Covid-19 Indonesia di Hari Pancasila: Kasus Positif Tambah 368 Orang, 183 Pasien Sembuh, 3 Jiwa Meninggal

Menariknya, walaupun ada peningkatan kasus pemerintah tetap mencabut aturan wajib masker di luar dan dalam ruangan. Meskipun ia juga tetap merekomendasikan penggunaan masker, dan tetap akan memberikan vaksinasi booster kepada masyarakatnya.



#Kasus #Portugal #Melonjak #karena #Subvarian #Omicron

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.