Hapus Stigma, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Suardana Akui Punya Penyakit PCOS

  • Share
Hapus Stigma, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Suardana Akui Punya Penyakit PCOS

Generalvekalat.org – Puteri Indonesia 2022, Laksmi Shari De Neefe Suardana tidak malu mengungkap fakta ia mengalami PCOS atau sindrom polikistik ovarium.

Hal ini ia sampaikan dalam acara diskusi bersama Plan Indonesia dan Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu seputar Kebersihan Area Kewanitaan di Oakwood, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2022).

“Sebagai perempuan yang mendapatkan menstruasi, harus mengerti tentang kondisinya, termasuk juga kesehatan seksual secara umum, dan karena saya secara pribadi mengalami PCOS,” ujar Laksmi saat menjawab pertanyaan awak media.

PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik adalah hormon androgen yang berlebih pada perempuan dan terjadinya resistensi insulin. Kondisi ini menyebabkan penderitanya punya banyak kista kecil di indung telur atau ovarium dalam rahim.

Baca Juga:
Pidato Pertama Laksmi Suardana Puteri Indonesia 2022: Siap Jadi Miss Universe 2022!

Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De-Neefe Suardana. (Dok. Dini/Generalvekalat.org)

Perempuan yang mewakili Bali dalam ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022 ini juga menyoroti banyaknya perempuan yang belum sadar tentang keberadaan penyakit ini, apalagi penyakit ini bisa menganganggu kesuburan perempuan di kemudian hari.

“Ada banyak anak perempuan yang mengalami hal ini, dan mereka tidak menyadari,” ungkapnya.

PCOS sendiri adalah kondisi yang relatif umum terjadi, terutama ketika perempuan sulit hamil. Tapi PCOS juga bisa menyerang perempuan dengan kesuburan normal.

Adapun prevalensi PCOS terjadi pada 5 hingga 10 persen perempuan usia 15 hingga 44 tahun.

Sayangnya, di usia 20 hingga 30 tahun biasanya para perempuan ini baru mengetahui mereka memiliki PCOS, karena umumnya baru diperiksa saat akan menjalani program kehamilan.

Baca Juga:
Sosok Laksmi Shari De Neefe Suardana, Gadis Asal Ubud yang Terpilih Jadi Puteri Indonesia 2022



#Hapus #Stigma #Puteri #Indonesia #Laksmi #Suardana #Akui #Punya #Penyakit #PCOS

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *