Mobil Listrik Swakemudi Diuji Coba di BSD City

  • Share
Mobil Listrik Swakemudi Diuji Coba di BSD City

Generalvekalat.org – Sinar Mas Land menggelar uji coba mobil listrik swakemudi di BSD City, Tangerang, Banten pada Jumat (20/5/2022). Uji coba ini digelar dengan menggandeng Mitsubishi Corporation.

Mobil listrik swakemudi bermerek Navya, dengan tipe Arma, akan beroperasi di dua titik yakni Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park. Uji coba ini turut memamerkan kemampuan Sinar Mas Land mengubah BSD City menjadi kota cerdas terintegrasi di Indonesia.

“Terima kasih kepada Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation yang sudah membuat proyek ini untuk menjadi inovasi yang baik untuk kita,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang meresmikan uji coba mobil listrik swakemudi tersebut.

Pada kesempatan yang sama Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, sebagai kota cerdas terintegrasi BSD City memang menekankan pentingnya riset dan pengembangan.

Baca Juga:
Mobil Listrik DFSK Turut Lancarkan KTT G20 di Bali

“Keberadaan BSD City sebagai testbed untuk kendaraan listrik tanpa awak juga mewujudnyatakan kesiapan kota mandiri ini untuk futuristic and green mobility,” kata Irawan.

Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Arma dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Mobil listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile.

Baca Juga:
Kemenperin Resmikan Fasilitas Pembelajaran Mobil Listrik Toyota di Karawang



#Mobil #Listrik #Swakemudi #Diuji #Coba #BSD #City

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.