Lagi, Ilmuwan Temukan Covid-19 Sebabkan Penurunan Fungsi Kognitif Otak

  • Share
Lagi, Ilmuwan Temukan Covid-19 Sebabkan Penurunan Fungsi Kognitif Otak

Generalvekalat.org – Dampak Covid-19 pada fungsi kognitif otak terus menjadi perhatian. Terbaru, ilmuwan menemukan bahwa tingkat keparahan infeksi Covid-19 berhubungan dengan penurunan kondisi kognitif pasien.

Studi dari Inggris yang diterbitkan di jurnal eClinicalMedicine pada 28 April 2022 ini kembali menguatkan bukti bahwa infeksi virus Corona meninggalkan dampak permanen bagi otak.

Penelitian ini melibatkan 46 orang yang menerima perawatan kritis untuk COVID-19 di Addenbrooke’s Hosptal di Cambridge, Inggris, pada 10 Maret dan 31 Juli 2020. Partisipan berusia 28-83 tahun. Sebanyak 16 orang dari pasien ini menggunakan ventilator dan 14 orang di antaranya membutuhkan dukungan medis akibat kegagalan beberapa organ.

Para ilmuwan membandingkan ke-46 pasien ini dengan 460 orang dengan usia dan demografi yang sama dan sebelumnya tidak terkena COVID-19.

Baca Juga:
Ketahui Gejala Pendarahan Otak, dari Sakit Kepala hingga Kejang

Semua partisipan diminta menyelesaikan delapan tes kognitif melalui platform Cognitron, platform pengujian yang dikembangkan oleh Imperial College London. Hasilnya, dibandingkan dengan kelompok kontrol, pasien COVID-19 menunjukkan konsistensi akurasi yang berkurang dan waktu pemrosesan yang lebih lambat pada tes, meskipun tingkat ketidakakuratan dan kelambatan bervariasi antar tugas.

Kemudian, kelompok COVID-19 menunjukkan defisit paling signifikan pada tugas analogi verbal, di mana mereka diminta untuk menyelesaikan analogi.

Mereka juga menunjukkan akurasi dan kecepatan yang lebih buruk pada tugas spasial yakni kala mereka diminta untuk memanipulasi bentuk 2D dalam pikiran mereka untuk memecahkan teka-teki.

Tingkat keparahan penurunan ini bervariasi antara masing-masing pasien tergantung pada tingkat keparahan infeksi awal mereka. Ini artinya, penurunan kognitif yang lebih buruk dialami pasien yang membutuhkan ventilator dan masalah organ.

“Kami menyimpulkan setiap pemulihan kognitif kemungkinan besar akan lambat. Penting juga untuk mempertimbangkan pemulihan kognitif dapat bervariasi antar individu tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan dasar-dasar neurologis atau psikologis, yang kemungkinan kompleks,” kata ilmuwan dikutip dari ANTARA.

Baca Juga:
Kabar Sedih, Chef CZN Burak Tengah Berjuang Melawan Penyakit Tumor Otak

Para ilmuwan berharap studi semacam ini akan memungkinkan mereka untuk memahami mekanisme di balik penurunan kognitif, dan mungkin mencegah atau mengobatinya, demikian harapan penulis senior studi sekaligus profesor di Cambridge University David Menon kepada The Guardian.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Lagi #Ilmuwan #Temukan #Covid19 #Sebabkan #Penurunan #Fungsi #Kognitif #Otak

Sumber : www.suara.com

  • Share