Nyaris 300 Kasus Probable Hepatitis Akut Anak Terdeteksi di 20 Negara

  • Share
8 Fakta Hepatitis Akut Misterius pada Anak yang Dikaitkan dengan Vaksin Covid-19, Waspadai Sejak Dini!

Generalvekalat.org – Hampir 300 kasus probable hepatitis akut anak terdeteksi di 20 negara, termasuk di Asia Tenggara, demikian dikatakan organisasi kesehatan dunia WHO, Rabu (4/5/2022).

Hepatitis akut misterius ini pertama kali terdeteksi di Skotlandia, pada anak berusia di bawah 10 tahun. Hingga 1 Mei kemarin, penyakit misterius ini sudah ditemukan di Eropa, Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara. Kasus terbanyak ditemukan di Inggris, mencapai lebih dari 110.

WHO mencatat satu kematian akibat penyakit yang penyebabnya belum diketahui itu. Para ilmuwan masih meneliti penyebab dan pemicu semakin banyaknya jumlah anak-anak yang menderita hepatitis akut ini.

Hingga saat ini diketahui bahwa anak-anak yang mengidap hepatitis akut ini mengalami gejala radang hati, diare, dan kulit menguning. Sebanyak 10 orang anak di Inggris harus menjalani cangkok hati akibat terserang penyakit ini.

Baca Juga:
Kemenkes Sudah Keluarkan Surat Edaran Kewaspadaan Hepatitis Akut

Virus hepatitis yang telah dikenal (hepatitis A, B, C, D dan E) tidak terdeteksi pada anak-anak yang menderita penyakit misterius ini. Alih-alih para dokter menemukan adenovirus dalam darah mereka.

Adnovirus adalah salah satu jenis virus yang banyak ditemukan pada manusia. Ia juga adalah penyebab flu yang biasa diderita manusia.

Menurut para ilmuwan jumlah adenovirus telah meningkat drastis sejak pandemi Covid-19 menyapu dunia. Virus itu sudah menyebar dengan tingkat di atas normal.

Adenovirus ditemukan pada tiga per empat anak-anak di Inggris yang termasuk kasus probable hepatitis akut dan tipe adenovirus F41 terdeteksi pada darah seperempat dari mereka. Jenis adenovirus yang sama ditemukan pada sembilan anak terduga hepatitis akut di Amerika Serikat.

Beberapa peneliti menduga, adenovirus telah bermutasi sehingga menjadi lebih ganas. Tadinya adenovirus hanya berbahaya pada mereka yang memiliki masalah dengan imun tubuh.

Baca Juga:
Heboh Hepatitis Akut Misterius, Pakar Kesehatan: Belum Tentu Mewabah Luas

Ada juga kemungkinan bahwa adenovirus telah “berkolaborasi” dengan Sars-COV-2, penyebab Covid-19, dan memicu kejadian luar biasa hepatitis akut ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Nyaris #Kasus #Probable #Hepatitis #Akut #Anak #Terdeteksi #Negara

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *