Angkasa Pura II Perkirakan Arus Balik Pemudik Mulai Terjadi Hari Ini

  • Share
Angkasa Pura II Perkirakan Arus Balik Pemudik Mulai Terjadi Hari Ini

Generalvekalat.org – PT Angkasa Pura II atau AP II mencatat telah 2,13 juta pemudik melakukan pulang kampung dari 17.477 penerbangan di 20 bandara yang dioperasikan. Angka itu merupakan kumulatif selama 12 hari dari H-10 hingga Lebaran H+2 (22 April – 3 Mei).

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta jadi yang tersibuk dalam mudik tahun dengan layani 1,36 juta penumpang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan.

“Angkutan Lebaran 2022 (angleb 2022) menjadi tantangan bagi kami, karena dua tahun sebelumnya tidak ada penyelenggaraan angleb sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Kami bersyukur penyelenggaraan angleb 2022 sejauh ini berjalan dengan baik di bandara AP II,” ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Rabu (4/5/2022).

Realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.

Baca Juga:
Info Mudik 2022: Daftar 4 Jalur Alternatif Arus Balik Jakarta ke Bandung saat One Way Arus Balik Semarang-Jakarta

“Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi COVID-19,” kata Awaluddin.

Sementara, hari ini, Rabu (4/5/2022), seluruh bandara AP II bersiap menerima kedatangan pemudik pada arus balik.

Diperkirakan pergerakan penumpang pada 4 Mei (H+1) mencapai sekitar 160.000 penumpang dan jumlah ini akan meningkat hingga puncak arus balik 7-9 Mei.

Pada 7 Mei, secara kumulatif di 20 bandara AP II diperkirakan jumlah pergerakan penumpang mencapai 166.312 orang, lalu pada 8 Mei tertinggi mencapai 199.857 orang dan 9 Mei sebanyak 179.542 orang.

“AP II mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7 – 9 Mei. Perjalanan lebih awal sangat membantu pergerakan penumpang pada arus balik terdistribusi dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga:
Polisi Sudah Siap Sambut Arus Balik, Masyarakat Diimbau Taati Aturan Lalu Lintas

Pada arus balik, AP II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi (baggage claim) dan transportasi darat (bus, taksi dan sebagainya).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Angkasa #Pura #Perkirakan #Arus #Balik #Pemudik #Mulai #Terjadi #Hari #Ini

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *