Heboh Hepatitis Misterius, Dokter Anak Soroti Kebiasaan Buang Popok Bekas Pakai

  • Share
Heboh Hepatitis Misterius, Dokter Anak Soroti Kebiasaan Buang Popok Bekas Pakai

Generalvekalat.org – Fenomena hepatitis misterius yang diduga sudah menginfeksi ratusan anak di dunia termasuk Indonesia, menuai tanggapan Dokter Spesialis Anak – dr. Lucky Yogasatria.

Meski belum diketahui penyebabnya, dr. Lucky tetap menyarankan agar semua orangtua selalu melakukan tindakan pencegahan.

Caranya adalah dengan melakukan pencegahan seperti mencegah hepatitis pada umumnya, yaitu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Salah satu hal yang disorot dr. Lucky adalah hati-hati membuang popok bekas pakai!

“Kurang lebih sih sama, yaitu protokol kesehatan dikarenakan gunakanlah alat makan sendiri, pastikan makanan matang sempurna dan bersih, buang diapers juga hati-hati,” ujarnya melalui konten edukasi di Instagramnya @dr.lucky.sp.a, dikutip Generalvekalat.org, Selasa (3/5/2022).

Baca Juga:
PB IDI Meminta Seluruh Dokter dan Nakes Mewaspadai Gejala Hepatitis Akut

Hepatitis adalah penyakit peradangan hati atau liver. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi virus, infeksi cacing hati, kebiasaan minum alkohol, obat-obatan hingga penyakit komorbiditas seperti autoimun.

Selanjutnya, ia meminta orangtua waspada mengenali tanda bahaya hepatitis pada anak, dan harus segera membawa anak tersebut ke rumah sakit.

“Kalau ada gejala demam mual muntah diare, kuning mulai dari mata lalu di keseluruh tubuh, pipis warna gelap, atau BAB-nya warna putih pucat segeralah ke rumah sakit,” jelasnya.

Perlu diketahui, hepatitis misterius saat ini sudah terdeteksi di Amerika, Inggris dan negara Eropa lainnya di dunia.

Dikatakan hepatitis misterius, karena pasien yang terinfeksi penyakit ini sudah menjalani berbagai tes hepatitis A, hepatitis B, C, D, dan E. Namun semuanya dinyatakan negatif.

Baca Juga:
5 Fakta Hepatitis Akut yang Diduga Buat 3 Anak di Jakarta Meninggal Dunia

Padahal lima jenis hepatitis ini sudah diketahui penyebabnya. Termasuk bukan karena konsumsi obat, konsumsi alkohol atau bukan juga karena terinfeksi cacing hati.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Heboh #Hepatitis #Misterius #Dokter #Anak #Soroti #Kebiasaan #Buang #Popok #Bekas #Pakai

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.