Mengenang Jasa Ki Hajar Dewantara

  • Share
Mengenang Jasa Ki Hajar Dewantara

Generalvekalat.org – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari nasional yang ditetapkan pemerintah sebagai peringatan hari Pendidikan Nasional dan lahirnya Ki Hajar Dewantara. Tokoh pelopor lahirnya di pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Sebagai masyarakat Indonesia, penting untuk mengetahui sejarah hari Pendidikan Nasional. 

Berikut ini sejarah singkat hari Pendidikan Nasional yang penting untuk diketahui sebagai penghormatan terhadap pendidikan dan pahlawan nasional. 

Sejarah Hari Pendidikan Nasional 

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepan dengan lahirnya tokoh nasional Indonesia yang dijuluki sebagai bapak pendidikannasinal Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Ia lahir dari keluarga kaya pada era kolonialisme Belanda. 

Baca Juga:
15 Ucapan Hari Pendidikan Nasional 2022, Langsung Bagikan ke Media Sosialmu!

Ki Hajar Dewantara mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia karena keberaniannya menentang kebijakan pendidikan yang diterapkan oleh pemerintah Hindia-Belanda kala itu. Pada saat itu, hanya anak keturunan Belanda dan anak orang kaya yang dapat mengenyam bangku pendidikan. 

Kemudian ia mengkritik kebijakan yang dianggap sangat tidak adil itu. Akibat keberaniannya mengkritik pemerintah Hindia Belanda, menyebabakan ia diasingkan ke Belanda. Setelah diasingkan, ia kembali ke Indonesia dan membuat strategi baru untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Ki Hajar muda, kemudian mendirikan lembaga pendidikan yang bernama “National Onderwijs Institut Taman Siswa” yang berdiri pada 3 Juli 1922. Dari situ banyak anak-anak Indonesia baik dari keluarga mampu hingga keluarga tidak mampu dapat merasakan duduk di bangku sekolah. Lembaga itu bertahan hingga negera Indonesia medeka. 

Setelah kemerdekaan, Ki Hajar diangkat sebagai menteri pendidikan Indonesia. Dan dikenal dengan filosofi tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan) sebagai semboyan pendidikan Indonesia. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959. 

Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan nasional, pemerintah Indonesia menetapkan hari lahir Ki Hajar Dewantara sebagai peringatan hari Pendidikan Nasional. Hari Nasional tersebut diputuskan berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. 

Baca Juga:
Hari Pendidikan Nasional, Presiden Jokowi: Pendidikan Anak-anak Kita Tak Boleh Terabaikan

Meskipun bukan hari libur nasional, namun hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas oleh masyarakat Indonesia terutama oleh para siswa sekolah. Dalam merayakannya, biasannya akan diadakan upacara pengibaran bendera di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi. Disertai dengan pembacaan pidato atau sejarah lahirnya hari Pendidikan Nasional oleh kepala sekolah atau penjabat setempat. 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Mengenang #Jasa #Hajar #Dewantara

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *