Asal Mula Peringatan Hari Buruh Internasional Setiap 1 Mei

  • Share
Asal Mula Peringatan Hari Buruh Internasional Setiap 1 Mei

Generalvekalat.org – Hari Buruh Internasional atau dikenal May Day diperingati pada tanggal 1 Mei setiap tahun di seluruh dunia. Tahukah Anda asal mula sejarah may day?

Peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini jatuh pada hari Minggu, 1 Mei 2022. Sebelum diperingati setiap tahun seperti sekarang, ada sejarah may day pencetus peringatan hari buruh.

Di Indonesia, setiap peringatan hari buruh biasanya para buruh atau pekerja akan melakukan aksi unjuk rasa untuk menyuarakan hak-hak buruh.

Sebelum itu, ada sejarah may day yang perlu diketahui oleh semua orang. Berawal dari aksi unjuk rasai serikat buruh di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886 hingga akhirnya ditetapkan sebagai may day. Berikut sejarah may day selengkapnya.

Baca Juga:
Sejarah Hari Buruh Internasional 1 Mei, Berawal dari Serikat Buruh Amerika Serikat

Sejarah May Day

Peringatan Hari Buruh Internasional berawal dari aksi unjuk rasa serikat buruh di Amerika Serikat pada 1 Mei 1886. Mereka menuntut sistem 8 jam kerja per hari, 8 jam lebih dingan dibandingkan tuntutan perusahaan yang memperkerjakan buruh hingga 16 jam setiap harinya.

Aksi unjuk rasa tersebut diwarnai dengan aksi mogok kerja massal yang terjadi di berbagai kota. Setidaknya ada 300.000 hingga 500.000 buruh di AS yang mengikuti aksi mogok tersebut.

Aksi buruh tidak hanya dilakukan selama satu hari melainkan selama beberapa hari. Majalah TIME menyatakan bahwa ada aksi di alun-alun Haymarket yang menyebabkan kerusuhan.

Haymarket Riot merupakan tragedi kekerasan yang melibatkan polisi dan buruh yang tengah unjuk rasa di Chicago pada 4 Mei 1886. Peristiwa ini berasal dari kerusuhan pada 3 Mei pada unjuk rasa perusahaan McCormick Harvesting Machine Company.

Baca Juga:
30 Ucapan Hari Buruh 2022 untuk Dibagikan di Media Sosial pada 1 Mei Nanti

Wali Kota Chicago Carter Harrison hadir dalam unjuk rasa yang diadakan di Haymarket Square untuk merespons aksi damai para buruh.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Asal #Mula #Peringatan #Hari #Buruh #Internasional #Setiap #Mei

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.