Menilik ACT Humanity Food Bus, Bus dengan Komponen Dapur Bintang 5 yang Siap Bagikan Makanan Siap Saji Gratis ke Warga

  • Share
Menilik ACT Humanity Food Bus, Bus dengan Komponen Dapur Bintang 5 yang Siap Bagikan Makanan Siap Saji Gratis ke Warga

Generalvekalat.org – Setelah 17 tahun berdiri melayani warga, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kini memiliki sebuah armada baru yang dapat memproduksi makanan dalam jumlah banyak dalam satu kali masak.

Armada itu dinamakan Humanity Food Bus. Berbeda dari sebelumnya, ACT kali ini menggunakan armada bus. Sebelumnya ACT menggunakan truk. Humanity food bus, resmi digunakan oleh ACT sejak awal 2021 lalu.

Pramugara Food Bus ACT, Muhammad Hoirudin mengatakan, pihaknya dapat memproduksi makanan siap santap sebanyak 1-2 ribu porsi dalam setiap kali masak. Namun jumlah itu fluktuaktif, tergantung jumlah tim chef yang bertugas.

“Bisa produksi seribu sampai 2 ribu porsi dengan 5 chef, kalau dibantu dengan relawan Indonesia kita bisa kurang lebih 4 ribu porsi. Setiap hari jalan, kita membuat seribu porsi, minim 500 porsi kita bisa sajikan,” ujarnya di Cipete Utara, Jakarta Selatan, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga:
Aksi Kolaborasi Generalvekalat.org Bersama ACT Bagikan Makanan Siap Santap pada Warga Cipete Utara

Bila dibandingkan dengan armada food truck yang sebelumnya, armada food bus ini memiliki keunggulan. Di antaranya peralatan yang lebih lengkap dan suspensi armada yang lebih nyaman.

Hoirudin mengaku ACT Humanity Food Bus ini sudah melanglang buana dari Sabang hingga Merauke untuk membantu masyarakat, memberikan makanan siap saji gratis.

Selain itu, food bus ini juga sudah melintas di daerah kebencanaan besar seperti Semeru dan Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Petugas membagikan bantuan makanan kepada warga didepan Humanity Food Bus di Cipete Utara, Jakarta Selatan, Jumat (29/4/2022). [Generalvekalat.org/Alfian Winanto]

“Kita sudah berkeliling melanglang buana di pelosok Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kita sudah masuk dalam dua bencana besar selama armada ini jadi. Ada di Semeru dan Pasaman,” ungkapnya.

Proses pembuatan atau modifikasi food bus ini cukup lama. Mengkonversi bus reguler menjadi bus yang menyerupai dapur umum ini membutuhkan waktu sekitar 7 bulan. Food bus milik ACT ini sendiri memiliki basic mesin Mercedes Benz dengan sasis OH 1626.

Baca Juga:
Melihat Lebih Dekat ACT Humanity Food Bus yang Mampu Sajikan 5000 Porsi Makanan Siap Saji

Basic-nya Mercy OH 1626, kemudian di-costum segala macam tanpa mengubah standarisasi bus itu memakan waktu 7 bulan,” tutupnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Menilik #ACT #Humanity #Food #Bus #Bus #dengan #Komponen #Dapur #Bintang #yang #Siap #Bagikan #Makanan #Siap #Saji #Gratis #Warga

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.