Hindari 5 Kesalahan Ini saat Anda Mulai Aktif Olahraga

  • Share
Hindari 5 Kesalahan Ini saat Anda Mulai Aktif Olahraga

Generalvekalat.org – Ada banyak manfaat kesehatan untuk menjaga kebugaran tubuh, mulai dari memperkuat tulang hingga meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mental.

Tapi, Anda bisa merasa kelelahan jika belum pernah olahraga sebelumnya, terutama ketika melakukan kesalahan yang bisa menyebabkan cedera

Menurut pakar kebugaran dilansir dari News Week, 5 kesalahan yang cenderung dilakukan orang saat mulai olahraga, termasuk:

1. Langsung melakukan olahraga dalam durasi lama dan terlalu cepat

Baca Juga:
Kabar Gembira, Vaksin Covid-19 Moderna Terbaru Ampuh Lawan Varian Omicron

Kebanyakan orang langsung melakukan olahraga dalam durasi lama dan melakukannya terlalu cepat ketika sedang bersemangat olahraga. Faktanya, ini justru langkah yang buruk untuk kesehatan.

Ilustrasi olahraga dirumah.[unsplash.com]

Anda lebih baik melakukan olahraga yang terbagi menjadi 2 atau 3 sesi per minggu, yang masing-masing sesi fokus pada jenis latihan berbeda.

Anda juga tidak dianjurkan langsung memiliki olahraga intensitas tinggi. Mulailah dari peregangan dan mobilitas atau berjalan-jalan untuk permulaan.

2. Tidak melakukan setiap tahap olahraga dengan benar

Semua jenis olahraga akan memberikan efek yang baik bila Anda melakukannya dengan benar. Jika tidak, ini akan berdampak pada jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga:
3 Gabungan Subvarian Omicron Mengintai, Mudik Masih Aman?

Drew Schwartz, seorang chiropractor di Cleveland Clinic menyarankan agar tidak memiliki satu jenis olahraga karena sedang populer. Pilihlah olahraga yang paling sesuai dengan tingkat kebugaran tubuh dan memang dibutuhkan tubuh.

3. Memilih jenis olahraga yang salah

Setiap jenis olahraga akan memberikan hasil yang berbeda. Anda pilihlah jenis olahraga yang memang sesuai dengan kebutuhkan.

Contohnya push-up, salah satu jenis olahraga yang melatih otot dan persendian. Apapun pilihan olahraga Anda, jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan.

Karena, pemanasan dan pendinginan akan membantu menghindari cedera dan akan lebih cepat pulih.

4. Mengharapkan hasil yang terlalu cepat

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat perubahan tingkat kebugaran Anda berbeda-beda setiap individu, tetapi konsisten adalah kunci utama keberhasilan dari olahraga.

Jadi, janganlah terlalu terburu-buru mendapatkan hasil yang cepat ketika mulai berolahraga. ika Anda konsisten, Anda akan mulai melihat perubahan dan hasilnya.

5. Tidak mempertimbangkan gaya hidup sehari-hari

Berolahraga hanyalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Tapi, makanan yang dikonsumsi, pola tidur dan jadwal kerja juga perlu diperhatikan.

Bila Anda ingin perubahan, Anda tidak hanya bisa terpaku dengan olahraga. Anda juga harus mengubah kebiasaan makan, pola tidur, dan pastikan tubuh selalu bergerak teratur sepanjang hari.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Hindari #Kesalahan #Ini #saat #Anda #Mulai #Aktif #Olahraga

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *