Atlet Olahraga Ekstrem Sebut Mandi Air Dingin Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Benarkah?

  • Share
Atlet Olahraga Ekstrem Sebut Mandi Air Dingin Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung, Benarkah?

Generalvekalat.org – Atlet olahraga ekstrem asal Belanda, Wim Hof, mengatakan bahwa kebiasaannya mandi air dingin (12 derajat Celcius) menjauhkan dirinya dari berbagai penyakit.

Hof, yang pernah memecahkan Guinness World Record untuk berenang di bawah es mengaku mandi air dingin sehari dapat mengurangi stres dan meningkatkan energinya.

Namun, alasan mengapa mandi air dingin dapat mencegah orang terkena penyakit masih belum jelas. Beberapa riset menunjukkan aktivitas ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Satu riset di Ceko menunjukkan berendam di air dingin (14 derajat Celcius) tiga kali seminggu selama enam minggu dapat memberi dorongan sistem kekebalan pada pria muda atletik.

Baca Juga:
Raisa Jawab Rumor Minta Air Galon untuk Mandi Sebelum Konser, Enzy Storia Auto Ngakak!

Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya efeknya pada sistem kekebalan tubuh.

Wim Hof berendam air es (YouTube/BBC)

Dalam program BBC, Hof mengatakan bahwa mandi air dingin mengaktifkan dan meningkatkan sistem kardiovaskular atau jantung.

“Kita ke gym untuk melatih otot, tetapi dalam tubuh kita sebenarnya ada jutaan otot kecil di dalam sistem kardiovaskular dan kita dapat melatihnya hanya dengan mandi air dingin,” tutur Hof, dilansir The Conversation.

Ketika kita mandi air dingin, detak jantung dan tekanan darah akan meningkat. Ada beberapa bukti air dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik, yang merupakan bagian dari respons ‘lawan atau lari’.

Itu adalah reaksi fisiologis terhadap suatu peristiwa yang dianggap berbahaya, membuat stres, atau menakutkan. Ketika aktif, seperti saat mandi air dingin, tubuh akan mendapatkan peningkatan hormon noradrenalin.

Baca Juga:
Saling Terbuka dengan Keluarga, Konsep Kamar Mandi di Rumah Ini Bikin Syok!

Kemungkinan besar itu yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.

Namun, mandi air dingin dapat memiliki efek negatif bagi penderita penyakit jantung karena dapat memicu serangan jantung atau ketidakteraturan irama jantung.

Jadi, klaim Hof bahwa mandi air dingin sehari mencegahnya terkena penyakit memiliki beberapa bukti ilmiah di baliknya. Tapi sejauh mana manfaat kesehatannya masih harus ditentukan melalui penelitian lain.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Atlet #Olahraga #Ekstrem #Sebut #Mandi #Air #Dingin #Dapat #Meningkatkan #Kesehatan #Jantung #Benarkah

Sumber : www.suara.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *