Momen Sopir Truk Suruh Menteri PUPR Cek Sendiri Jalan Berlubang di Tol, Ending Diajak Tos

  • Share
Momen Sopir Truk Suruh Menteri PUPR Cek Sendiri Jalan Berlubang di Tol, Ending Diajak Tos

Generalvekalat.org – Momen unik terjadi ketika Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengecek kesiapan jalan menjelang Lebaran 2022. Seorang sopir truk meminta Basuki mengecek sendiri adanya jalan berlubang di Tol Trans Sumatera.

Sopir truk tentu lebih hapal bagaimana kondisi Tol Trans Sumatera. Mereka bisa berkali-kali melewati jalan yang sama dalam sepekan atau sebulan. 

Maka dari itu, ketika ada kerusakan mereka menjadi yang pertama tahu dan melayangkan protes. Maklum saja, biaya untuk masuk tol tak murah. 

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki jarak 104 kilometer, untuk truk golongan II biayanya Rp175 ribu, golongan III Rp177.500 serta golongan IV dan V biayanya sebesar Rp237.000.

Baca Juga:
Hore! Tol Bangkinang-Pekanbaru Sudah Bisa Digunakan Mulai Hari Ini

Ketika sudah membayar mahal, namun pelayanan tak maksimal, tentu para sopir ini kecewa. Janter Tambunan menjadi salah satu sopir truk yang mengeluhkan situasi ini.

Beruntung, Janter mengeluhkan situasi ini langsung kepada Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Dari video berdurasi 49 detik yang diunggah Instagram Kementerian PUPR, Janter memberi tahu tentang kondisi Tol Trans Sumatera.

“Lobang-lobang masih ada tuh pak, ya Bapak cek lah, juga jembatan-jembatan itu,” kata Janter Tambunan dalam video seperti dikutip Generalvekalat.org, Senin (25/4/2022).

“Oke, tos dulu,” kata Basuki.

Janter menyebut jalan berlubang membuat pengeluaran bertambah. Pasalnya, ada beberapa kerusakan yang terjadi ketika truk melintasi jalan berlubang.

Baca Juga:
Ingat! Uji Coba Ganjil Genap Di Jalan Tol Dimulai Hari Ini, Simak Jadwal Lengkapnya

“Kalau jalan kayak gitu, kami rugi lah pak. Spare part itu rusak, banyak yang kena. Kalau ngga anting-anting per, velg, gardan,” lanjut Janter.

Basuki kemudian melakukan pengecekan. Dalam video tersebut, Basuki berada di Kilometer 173, Lampung-Palembang. Basuki melihat perbaikan yang terus dikebut jelang musim mudik Lebaran 2022.

“Kita sekarang ada di KM 173, Lampung Palembang. Ini yang sebelumnya terjadi banyak kerusakan, sampai kilometer 234 itu sudah diperbaiki. Fungsional sampai Palembang akan oke,” tutur Basuki.

Basuki menuturkan perbaikan jalan di Tol Trans Sumatera ini akan dihentikan pada H-10 Lebaran, ketika pemudik sudah mulai berjalan menuju kampung halamannya. Di laman resmi Kementerian PUPR, terdapat 150 lubang yang sudah diperbaiki di Tol Trans Sumatera.

“Jadi semua pekerjaan di jalan, non tol maupun tol, H-10 semua keluar,” papar Basuki.

Dalam dua hari, video itu sudah disaksikan lebih dari 175 ribu kali. Ada ratusan komentar yang kemudian turut memberi tahu jalan mana saja yang rusak di berbagai provinsi Tanah Air.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Momen #Sopir #Truk #Suruh #Menteri #PUPR #Cek #Sendiri #Jalan #Berlubang #Tol #Diajak #Tos

Sumber : www.suara.com

  • Share