Lakukan dari Rumah, Ini Cara Mudah Atasi Kulit Mati di Wajah

  • Share
Lakukan dari Rumah, Ini Cara Mudah Atasi Kulit Mati di Wajah

Generalvekalat.org – Kulit menjadi organ terluar dan terbesar pada tubuh manusia. Secara alami, kulit akan terus beregenerasi setiap 28 hari. Begitu pula dengan kulit wajah.

Namun akibat tindakan dan faktor tertentu, regenerasi kulit bisa melambat. Akibatnya, kulit jadi lebih kusam, bahkan mudah berjerawat dan komedo.

Hal itu dijelaskan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin – dr. Rahma Evasari, Sp.DV., dalam acara ZAP beberapa waktu lalu.

“Kulit kita punya mekanisme untuk regenerasi setiap 28 hari sekali. Tapi seiring penuaan, paparan polusi, stres, perlakuan tidak baik pada wajah termasuk dehidrasi menyebabkan regenerasi jadi lebh memanjang. Bisa sampai 35 hari atau lebih,” jelasnya.

Baca Juga:
7 Cara Menghilangkan Ketombe Paling Efektif dan Aman, Begini Tahapannya yang Tepat

Untuk mengembalikan proses regenerasi kulit kembali normal, maka penting dengan menyehatkan tubuh dengan gaya hidup sehat dan aktif. Sebab, salah satu tanda tubuh sehat juga akan mudah terlihat pada kondisi kulit.

Selain itu, lanjutnya, kulit bisa dirawat dengan penggunaan skincare dasar berupa tiga tahap, yaitu pembersih, pelembap, dan pelindung.

“Cleansing, dibersihkan dengan pembersih yang baik dan lembut. Mau berapa macam, tergantung kebutuhan. Kalau makeup tebal tentu butuh double cleansing. Kalau hanya di rumah, jarang berkeringat, bisa hanya dengan facial foam,” jelasnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pelembap. Ia menjelaskan, tahap kedua ini melingkupi produk toner, serum, maupun pelembap khusus. Jumlah produk yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

“Ketiga, protecting ini banyak skip selama pandemi. Padahal tabir surya atau sunscreen harus tetap dipakai,” ujarnya.

Baca Juga:
Jangan Dilewatkan, 4 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Wajah

Apabila kulit sudah terlanjur kusam, ia menyarankan untuk rutin lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk mengangkat kulit mati.

“Harus eskfoliasi karena kalau hanya cleansing, kulit mati tidak terangkat. Setelah kulit mati diangkat, jadi kulit baru akan muncul dan wajah lebih cerah,” kata Rahma.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Lakukan #dari #Rumah #Ini #Cara #Mudah #Atasi #Kulit #Mati #Wajah

Sumber : www.suara.com

  • Share