Berkunjung ke Masjid Khanqah Shah yang Bersejarah di India

  • Share
Seorang anak laki-laki memberi makan merpati saat bulan suci Ramadhan di Masjid Khanqah Shah, Srinagar, India, Rabu (13/4/2022). [TAUSEEF MUSTAFA / AFP]

Generalvekalat.org – Seorang anak laki-laki memberi makan merpati saat bulan suci Ramadhan di Masjid Khanqah Shah, Srinagar, India, Rabu (13/4/2022). Masjid Khanqah Shah merupakan masjid pertama yang dibangun di Khasmir India pada tahun 1395 Masehi.

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Shah Hamdan ini dibangun oleh Shah Sikandar enam abad yang lalu sebagai penghargaan atas kunjungan Mir Sayyid Ali Hamdani atau Shah Hamdan. Masjid ini terkenal karena ukiran kayu yang megah, indah serta rumit.

Struktur kayu pada mesjid ini dipandang artistik karena pada proses pembangunannya tidak mengunakan paku yang umum ditemukan saat ini. Pada bagian depan masjid, dicat dengan mengunakan teknik papier mache atau lebih dikenal sebagai bubur kertas.

Terlihat juga seni khatamband pada dinding dan langit-langitnya. Khatamband ini merupakan seni mengukir geometri pada kayu yang rumit dan indah. Teknik dan bangunan ini merupakan gabungan arsitektur Budha, Hindu dan Islam.

Pada tingkat pertama, masjid terlihat beranda dengan lengkungan ganda, tingkat dua juga mempunyai balkon melengkung di semua sisi. Memiliki atap berbentuk piramida dengan sedikit bagian paviliun kecil terbuka untuk muazin melantunkan azan, serta atap piramida di bagian paling atas.

Di bulan Ramadhan, suasana masjid selalu ramai. Di halaman masjid terdapat banyak burung merpati berterbangan, orang berlalu lalang dan beberapa pengunjung duduk beristirahat. Banyak jemaah menunggu datangnya waktu zuhur di sini, beiktikaf sambil membaca Al-Qur’an dan buku-buku. [TAUSEEF MUSTAFA / AFP] [Generalvekalat.org/Alfian Winanto]



#Berkunjung #Masjid #Khanqah #Shah #yang #Bersejarah #India

Sumber : www.suara.com

  • Share