Sebenarnya Ambroxol untuk Apa sih? Simak Penjelasannya di Sini!

  • Share
Sebenarnya Ambroxol untuk Apa sih? Simak Penjelasannya di Sini!

Generalvekalat.org – Salah satu obat jenis golongan mukolitik yang cukup terkenal adalah ambroxol. Obat ini mungkin terdengar asing di telinga dan mata Anda, karena pada kenyataannya memang jarang disebutkan dalam resep atau menjadi nama obat. Lalu sebenarnya ambroxol untuk apa sih?

Sedikit sudah disinggung di atas tadi, obat ini merupakan golongan obat mukolitik. Obat mukolitik merupakan salah satu jenis obat yang memiliki fungsi utama untuk mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Mengetahui Abroxol untuk Apa

Secara mendasar, fungsi dari obat ini adalah membantu meredakan batuk berdahak, dengan cara mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

Baca Juga:
Diperkaya Antioksidan! Ini 4 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan Tubuh

Ketika tubuh berada dalam satu kondisi yang memaksanya memproduksi dahak berlebih, maka ini akan terasa mengganggu di tenggorokan. Akibatnya tenggorokan terasa gatal dan Anda akan terus menerus batuk.

Konsumsi ambroxol kemudian dapat membantu mengurangi keluhan tersebut dengan mengencerkan dahak yang ada di bagian tenggorokan.

Ambroxol umumnya digunakan pada orang dengan keluhan kesehatan atau penyakit seperti yang ada di bawah ini.

  • Emifisema
  • Pneumokoniosis bronchitis
  • Bronkiektasis
  • Bronkitis kronis dan akut
  • Bronkitis asmatik

Kondisi di atas membuat tubuh memproduksi dahak dalam jumlah berlebihan hingga mengganggu. Maka konsumsi ambroxol akan jadi solusi terbaiknya.

Dosis Obat Ambroxol

Baca Juga:
Karantina Ketat di Shanghai: Warga Kekurangan Makanan, Obat-obatan hingga Fasilitas Buruk

Untuk orang dewasa, umumnya ambroxol yang diberikan adalah sebanyak 30 mg sampai 120 mg setiap hari. Jumlah ini akan mengacu pada kondisi kesehatan dan rekomendasi dari dokter, sehingga bisa dipastikan tepat dan bisa mengatasi keluhan kesehatan tersebut.

Meski kemungkinannya cukup kecil, namun alergi akibat ambroxol bisa saja terjadi. Reaksinya akan muncul pada pernapasan serta terganggunya fungsi panca indera. Ketika hal ini terjadi Anda bisa langsung mendatangi dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Kenapa Jarang Terdengar di Pasaran?

Hal ini karena ambroxol sendiri adalah satu kandungan yang diperlukan dalam obat pengencer dahak. Biasanya ambroxol masuk dalam komposisi obat seperti demikian, dan dijual dengan merk dagang tertentu.

Ambroxol yang secara harfiah bernama demikian di pasar, bisa ditemukan dalam bentuk obat generik, baik sirup atau tablet.

Itu tadi sedikit pengetahuan mengenai ambroxol untuk apa dan berapa poin relevan lainnya. Semoga artikel ini bisa membantu, dan selalu konsultasikan pada dokter terkait masalah obat dan keluhan kesehatan yang dialami.



#Sebenarnya #Ambroxol #untuk #Apa #sih #Simak #Penjelasannya #Sini

Sumber : www.suara.com

  • Share